Lompat ke konten
Beranda » Waktu Makan Malam Terbaik: kata Dokter Gizi Hindari Larut Malam

Waktu Makan Malam Terbaik: kata Dokter Gizi Hindari Larut Malam

Waktu Makan Malam Terbaik

Memperhatikan Waktu Makan Malam Menurut Doker Gizi

cavaandtwitts.com – Artikel tersebut mengangkat isu pentingnya Waktu Makan Malam Terbaik yang tepat untuk menjaga kesehatan. Menurut dr. Mulianah Daya, seorang dokter spesialis gizi, waktu yang pas untuk menyatap malam sebaiknya dilakukan tiga hingga empat jam sebelum tidur. Contohnya, bagi seseorang yang biasanya tidur pukul 22.00 WIB, Makan malam sebaiknya dilakukan paling lambat pukul 19.00 WIB karena sistem pencernaan tetap aktif meskipun kita tidur. Ketika kita menyantap terlalu dekat dengan waktu tidur, sistem pencernaan cenderung melambat, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti naiknya asam lambung (GERD).

Selain itu, jika menyatap di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas dan gangguan metabolisme. Tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan baik. Jika kita makan sebelum tidur. Pencernaan kurang optimal bisa meningkatkan gula darah dan lemak. Dengan memastikan jeda yang cukup antara menyantap malam dan tidur, kita dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan dengan efisien serta mengurangi risiko masalah kesehatan yang berkaitan dengan pola hidup yang tidak tepat waktu.

Mengatur Pola Makan dan Waktu Tidur yang Baik Agar Memiliki Waktu Makan Malam yang Sehat

Menyesuaikan waktu malam terbaik dengan waktu tidur memang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Ketika kita makan terlalu dekat dengan waktu tidur, sistem pencernaan kita bisa terganggu karena proses pencernaan membutuhkan waktu. Ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti asam lambung naik atau gangguan tidur karena perut terasa begah.

Selain itu, makan terlalu larut malam juga dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait lainnya. Ritme sirkadian mengatur proses tubuh, termasuk metabolisme. Menyantap terlalu larut malam bisa mengacaukan ritme sirkadian ini dan menyebabkan penumpukan lemak serta gangguan keseimbangan gula darah.

Oleh karena itu, sebaiknya waktu makan malam diatur minimal 2-3 jam sebelum waktu tidur. Ini memberi cukup waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik sebelum kita tidur. Dengan demikian, kita dapat menghindari gangguan pencernaan, menjaga berat badan yang sehat, dan mengontrol kadar gula darah. Seiring dengan pola hidup yang seimbang dan gaya hidup yang aktif, menjaga waktu malam yang teratur dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *